cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota palu,
Sulawesi tengah
INDONESIA
Kreatif
Published by Universitas Tadulako
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol 18, No 3 (2015)" : 3 Documents clear
PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PARIGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING Bandesa, Made
Kreatif Vol 18, No 3 (2015)
Publisher : Kreatif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (302.165 KB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Parigi melalui model pembelajaran Penemuan Terbimbing. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Parigi. Objek dalam penelitian ini adalah proses pada penerapan model pembelajaran Penemuan Terbimbing. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan lembar angket dengan skala Likert, serta dokumentasi dan lembar soal tes untuk mengetahui perubahan yang terjadi sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif rata-rata dan persentase. Persentase rata-rata motivasi belajar siswa pada siklus 1 sebesar 68,06% meningkat menjadi 73,78% pada siklus 2. Sedangkan rata-rata prestasi belajar siswa pada siklus 1 sebesar 64,92meningkat menjadi 82,31 pada siklus 2. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Penemuan Terbimbing dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Parigi tahun pelajaran 2015/2016. Kata kunci: Motivasi, Prestasi Belajar Matematika, Penemuan Terbimbing
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SAVI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PERHITUNGAN STATIKA BANGUNAN PADA SISWA KELAS X TGB A SMK NEGERI 3 PALU TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Kaban, Perhatian Kaban
Kreatif Vol 18, No 3 (2015)
Publisher : Kreatif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (299.464 KB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran statika dengan menerapkan model pembelajaran SAVI.  Penelitian ini dilaksanakan dengan metode penelitian tindakan kelas pada siswa kelas X TGB A SMK Negeri 3 Palu yang berjumlah 33 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus pembelajaran. Hasil belajar yang dimaksud dalam penelitian ini adalah mencakup aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotor. Hasil belajar kognitif  dikumpulkan dengan menggunakan tes, sedangkan hasil belajar afektif dan psikomotor dikumpulkan dengan menggunakan lembar penilaian observasi. Temuan penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil belajar setelah penerapan model pembelajaran SAVI. Maka dapat disimpulkan bahwa model pmebelajaran SAVI dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TGB A pada mata pelajaran perhitungan statika.   Kata Kunci : Hasil Belajar, Perhitungan Statika Bangunan, Model Pembelajaran SAVI
PEMBELAJARAN KONSEP PENYELESAIAN INTEGRAL TENTU Lutfi, Mohammad
Kreatif Vol 18, No 3 (2015)
Publisher : Kreatif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (265.034 KB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini merupakan studi kasus, suatu fenomena yang terjadi pada pembelajaran integral tentu dengan pusat perhatian terhadap penyelesaian soal-soal integral tentu, yaitu:  yang hasilnya -2 dan luas daerah yang dibatasi oleh grafik , dan sumbu x yang hasilnya 0. Penelitian ini dilakukan untuk menyelidiki benar atau salah dari penyelesaian kedua soal tersebut; jika salah, maka akan ditentukan penyelesaian yang benar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis kritis, yaitu dengan menganalisis penyelesaian dari kedua soal tersebut. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penyelesaian kedua soal tersebut adalah salah, penyelesaian soal pertama yang benar adalah penyelesaian yang menggunakan definisi integral tak wajar jenis kedua yang hasilnya tidak ada (integral soal pertama divergen) dan penyelesaian soal kedua dengan menggunakan  yang hasilnya 2 satuan luas. Kata Kunci: Pembelajaran, Integral Tentu, dan Integral Tak Wajar.

Page 1 of 1 | Total Record : 3